Perbedaan Konsultan Hukum, Advokat, Penasihat Hukum dan Kuasa Hukum

Perbedaan istilah pada hukum

Pengacara Depok – sebelum berlakunya Undang – Undan Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat ( UU Advokat ), masih terdapat berbagai istilah pada profesi hukum yang ada di masyarakat. Istilah tersebut seperti konsultan hukum, advokat, kuasa hukum, pengacara, penasihat hukum dan lain sebagainya. Namun, kini semua istilah tersebut telah menjadi satu yaitu sebagai orang atau jasa yang dapat beracara pada persidangan pengadilan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberi tahu Anda mengenai istilah – istilah yang sempat beredar tersebut, berikut penjelesannya.

  1. Konsultan Hukum

Konsultan hukum adalah orang yang bertindak sebagai pemberi nasihat atau melaksanakan tugas non-litigasi. Artinya, dalam persidangan pada pengadilan, seorang konsultan hukum tidak dapat mewakili kliennya. Dan untuk menjadi seorang konsultan hukum, tidak memiliki syarat tertentu asalkan memiliki latar belakang sebagai sarjana hukum dan memiliki pengalaman pada bidang hukum.

  1. Kuasa Hukum

Istilah kuasa hukum masih sering kita dengar hingga saat ini. Seorang kuasa hukum memiliki tugas sebagai pendamping atau mewakili klien yang berperkara pada pengadilan. Kuasa hukum juga dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam mendampingi pihak – pihak bersengketa untuk beracara pada pengadilan. Pendampingan tersebut tentu dilakukan atas dasar kesepakatan dengan pihak terlibat dan tertuang dalam surat kuasa khusus.

  1. Pengacara

Pengacara merupakan seseorang yang menjalankan tugas dan peran sebagai kuasa hukum pada proses pengadilan. Namun, seorang pengacara hanya memiliki lingkup kerja yang terbatas pada wilayah pengadian tinggi tempat yang bersangkutan berperkara. Baru, setelah memiliki pengalaman yang matang bisa menjadi seorang advokat dengan lingkup seluruh wilayah Indonesia.

  1. Advokat

Advokat merupakan orang yang berprofesi sebagai pemberi jasa hukum, baik dalam maupun luar pengadilan dengan persyaratan sesuai ketentuan undang – undang.

  1. Penasihat Hukum

Penasihat Hukum merupakan profesi yang memberikan bantuan atau nasihat hukum kepada kliennya. Seorang penasihat hukum dapat berupa individu ataupun persekutuan.

Berikut tadi merupakan penjelasan mengenai istilah – istilah pada hukum yang sempat beredar di masyarakat.